Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bukit Ajloun, Tempat Wisata Terindah di Yordania

Bukit Ajloun, Tempat Wisata Terindah di Yordania
WartaNews, Amman - Hampir semua dari Kerajaan Yordania adalah gurun; hanya sekitar 1% dari negara yang tertutup hutan.

Sampai hari ini, tanaman hijau sangat sedikit yang masih tersisa di bagian utara Kerajaan berada dalam bahaya kehancuran, terutama karena proyek pembangunan.

Ajloun Forest Reserve (didirikan pada 1988 oleh Royal Society untuk Konservasi Alam ) sekitar 13 kilometer persegi (sekitar 5 mil persegi) - tidak hanya mendukung pohon tersebut, terutama dari pinus asli ( Pinus dan Quercus ), seperti: Evergreen Oak, Carob, Wild Almond, Pistachio liar dan pohon Strawberry, tetapi juga memiliki binatang seperti: Rusa Roe, Boars Liar, Batu Marten, Jackal Emas, Serigala Merah, Crested Porcupine India, Hyena Striped, serigala dan beberapa binatang kecil lainnya, hutan juga memiliki beberapa spesies burung.

Karena pemukiman dan perambahan penduduk, sebagian besar hutan Ajloun telah menghilang. Rusa Roe, hewan yang paling terkenal di sana hanya diperkenalkan kembali pada tahun 1988 dan sejak itu mereka telah dilindungi untuk meningkatkan jumlah populasinya.

Banyak reruntuhan Ajlun, termasuk di pusat kota yang sangat kecil di mana ada sebuah masjid tua, Masjid Agung Ajloun (untuk beberapa tahun terakhir masih sedang dalam perbaikan dan renovasi), yang berusia sekitar 800 tahun--melukiskan betapa kaya dan panjang sejarahnya.

Untuk benar-benar menikmati keindahan kastil, hutan dan pemandangan yang menakjubkan di Ajlun, Anda akan membutuhkan waktu setidaknya dua hari di sana.

Daerah ini jarang penduduknya dan dimanapun Anda berada di Ajlun, Anda hanya akan melihat beberapa pohon. Semakin tinggi Anda pergi, semakin dahsyat pandangan menakjubkan dapat Anda saksikan.

Beberapa bagian dari Ajlun, kurang lebih 1.200 meter adalah pusat populasi penduduk tertinggi, di Ras Munif, dengan luas area sekitar 1.290 meter.

Dengan pemandangan yang menyenangkan, iklim spektakuler dan jalan setapaknya yang luas--Ajloun merupakan tempat favorit bagi wisatawan untuk berpiknik terutama dari keluarga Kerajaan dan wisatawan negara-negara Arab di dekatnya.

Beberapa wisatawan dari negara lain yang mengunjungi Yordania, mereka juga mengunjungi Ajloun.
Mereka tidak tahu apa yang dapat mereka lewatkan; situs sejarah, cagar alam satwa liar dan banyak lagi yang membuat tempat ini sangat menarik dikunjungi.

Dan diantara itu semua jangan pernah melewatkan Kastil Ayyubiyah yang indah menjulang tinggi.

Kastil Ajloun atau Qal'at Ar'Rabad (lihat di atas bangunan yang menjulang tinggi dari foto ini), dibangun pada tahun 1184 Masehi di Jabal Auf.

Dibangun oleh salah satu jenderal Salah ad-Din Al Ayyubi, kastil ini memiliki ketinggian strategis untuk mengontrol jalur perdagangan yang sangat penting antara Yordania dan Suriah pada masa itu.

Benteng/istana memainkan peran utama untuk Salah ad-Din Al Ayyubi, dan pasukannya telah mengalahkan tentara salib dan mengambil alih kontrol dari Yerusalem.

Setiap orang yang mengunjungi Jerash harus mengunjungi Ajloun. Perjalanan dari Jerash adalah salah satu perjalanan paling indah dan paling menyenangkan milik kerajaan yang harus Anda nikmati.

Hutan pinus, pohon zaitun, bukit indah dan lembah hijau serta beberapa desa kecil yang begitu asri, merupakan pemandangan sangat berharga saat perjalanan dari Jerash.



Dalam perjalanan antara Ajlun dan Jerash, dapat ditemukan pedagang yang menjual berbagai jenis buah dan sayuran. Semua masih dalam keadaan segar, karena langsug dipetik dari kebun dan ladang di sana, seperti anggur, zaitun, apel, buah ara dan buah batu, semua berasal dari desa di Ajloun.

Jika Anda ingin hemat, berjalanlah pagi hari dari Amman, melalui Mahatta Al Shemaal, Anda dapat naik bus ke Ajloun. Ini jauh lebih murah daripada menumpang taksi di siang harinya.

Anda pun bisa berbaur dengan penduduk dan menanyakan segala informasi tentang Yordania yang pendiam dan namun sangat ramah dan penyambut.
Kota Ajloun, sama seperti Jerash, sangat kecil namun indah dan mempesona.

Setelah sampai di sana, Anda dapat mengunjungi Benteng Ayyubiyah atau ke Cagar Alam Ajloun atau Mar Elias (di mana konon Nabi Ilyaas dilahirkan) dengan naik taksi.

Atau lebih baik, Anda bisa berkeliling dahulu untuk sampai ke Benteng, jaraknya sekitar hanya 3 Km, dengan jalan menanjak.

Tips perjalanan di sana adalah sebelum menaiki taksi, sebaiknya Anda bernegosiasi harga terlebih dahulu karena tak ada argo di dalamnya.

Mendapatkan sarana transportasi dari Amman ke Ajloun atau dari Ajloun ke Amman sangatlah sulit di siang hari.

Ada baiknya Anda melakukan semua perjalanan dengan bus atau taksi disaat pagi hari sebelum siang.

Tempat indah lain yang bisa dikunjungi di Kerajaan Yordania adalah: Sungai Jordan, Laut Mati, The Citadel, Theater Romawi, Jerash, Petra, Kahaf Ahl Kahfi, Rainbow Street, Amman, dan Souk Jara.


Sumber:  http://www.wartanews.com/timur-tengah/bf6ede7d-d1c8-1c27-297b-296dc71c1ea2/bukit-ajloun-tempat-wisata-terindah-di-yordania

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

waaah keren saya pas ke jordan belum ke sini nih, saya pakai travel agen, jadi ga keambil nih paket yang ini jadi mau kesana lagi, agennya fiesta indonesia coba deh nyaman dan aman www.facebook.com/fiestaindonesia/

Posting Komentar