Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pesona Tempat Wisata di Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur mempunyai banyak pesona tempat wisata yang sangat indah. Kita pastinya akan sangat tertarik dengan berbagai tempat wisata di Jawa Timur yang sangat lengkap. Kita akan menemukan objek wisata yang lengkap yang bisa kita jadikan objek wisata pilihan bagi kita dan keluarga kita. Berikut adalah referensi objek wisata yang terkenal di Jawa Timur.

Taman Nasional Bromo-Semeru
Taman Nasional Bromo-Semeru merupakan satu-satunya taman konservasi di negara kita yang mempunyai lautan pasir seluas lebih dari lima ribu hektar.
Tempat wisata di Jawa Timur ini berada di ketinggian 2392 meter dari permukaan laut.Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Jawa Timur karena menyuguhkan pemandangan pegunungan yang luar biasa luasnya.
Tidak akan ada tempat wisata lain yang menandingi keindahan alam dari wisata pegunungan aktif ini.
Jika kita berada di puncak gunung berapi yang masih aktif ini kita akan melihat hamparan pasir seluas 10 km persegi dan akan melihat puncak Gunung Semeru yang menembus langit.
Selain indah akan panorama pemandangan alam yang sangat indah, jika kita beruntung kita akan menjumpai upacara tradisional Kesodo yang diadakan oleh mayarakat lokal Tengger.
Oleh karena itu, jika kita ingin menyaksikan upacara tradisional tersebut sebaiknya kita berkunjung pada tanggal 14 atau tanggal 15 bulan ke sepuluh mulai pukul tengah malam hingga dini hari. Inti dari Upacara Kesodo ini adalah meminta berkah panen yang melimpah atau sebagai upacara tolak bala.

Karapan Sapi
Karapan sapi atau sering disebut perlombaan pacuan sapi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung di tempat wisata di Jawa Timur ini.
Karapan sapi ini diadakan oleh masyarakat Madura, Jawa Timur. Perlombaan pacuan sapi ini biasanya diadakan selama 10-15 detik dan jarak medan pacuan sejauh 100 meter.
Karapan sapi ini mendapat apresiasi dari Presiden Indonesia dengan dibentuknya Piala Bergilir Presiden dimana piala tersebut akan diberikan kepada pemenang lomba di akhir pertandingan/ final yang biasanya di adakan di Bulan September.

Candi Panataran
Candi Penataran merupakan objek wisata sejarah yang banyak sekali meninggalkan warisan-warisan sejarah dan budaya di Jawa Timur.
Candi Panataran ini tergolong candi umat Hindu (Siwaitis) di Jawa Timur.  Candi megah ini terletak di bagian barat daya Gunung Kelud dan di sebelah utara Kota Blitar.
Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan untuk mengenang peristiwa bersejarah 10 November 1945. Peristiwa bersejarah ini mengantarkan kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan Indonesia.
Alasan inilah yang kemudian menjadi alasan utama dibagunnya Tugu Pahlawan yang terletak di Kota Surabaya.
Tugu Pahlawan berbentuk roket yang terletak di dekat Kantor Gubernur Surabaya. Tugu Pahlawan ini kemudian menjadi tempat wisata sejarah di Jawa Timur khususnya pada saat peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal10 November. Desain bangunan tugu yang sederhana menyimbolkan karakter rendah hati.


Sumber: http://www.perempuan.com/read/pesona-tempat-wisata-di-jawa-timur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar