Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Keindahan Kebun Raya Bogor

Anda binggung untuk mengisi weekend? mungkin tempat ini akan memberikan sebuah alternatif bagi anda untuk mengisi waktu luang. Tak perlu mengeluarkan biaya dan waktu yang banyak untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor.
Udara Kebun Raya Bogor yang sejuk seolah-olah menghilangkan jenuh anda selama seminggu beraktifitas. Begitu memasuki gerbang utama yang dijaga oleh dua patung Ganesha, dewa kebijaksanaan Hindu, pengunjung bisa memilih empat rute yang ditawarkan di kebun seluas 87 hektare itu.
Memasuki rute satu, kita akan menyusuri Jalan Kenari, yang dimana terdapat berbagai macam pepohonan. Di rute satu ini jenis pohon bernama latin Canarium commune yang banyak tumbuh di kawasan itu. Pohon ini ditanam Johannes Elias Teysmann pada 1832, penata taman dari Belanda yang saat itu menjabat kurator pertama Kebun Raya Bogor.
Di persimpangan pepohonan besar dari jenis angsana atau sono kembang, terdapat Tugu Lady Raffles, isteri Thomas Stamford Rraffles, Gubernur Jawa pada 1811-1816. Tugu ini dibuat Raffles sebagai peringatan atas meninggalnya Lady Olivia Mariamne Raffles pada 1814, akibat penyakit malaria.
Di rute ini pengunjung dapat melihat megahnya Istana Bogor dikelilingi Kolam Gunting yang dipenuhi bunga teratai. Di seberang kolam ada pohon tertua di Kebun Raya Bogor yang ditanam pada 1823. Yakni, pohon leci atau Litchi chinenis yang khusus didatangkan dari China.
Masih banyak sejarah-sejarah yang terdapat di Kebun Raya Bogor ini, dan pastinya akan membuat otak anda menjadi fresh kembali sebelum anda memulai aktifitas di senin hari.


Sumber:  http://www.perempuan.com/read/keindahan-kebun-raya-bogor

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar