Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

    Merupakan diantara dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang terdiri dari jenis vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, hutan pamah tropika hinga pegunungan di Sumatera.


Taman Nasional Bukit Barisan

Bermacam-macam tumbuhan di taman nasional Bukit Barisan Selatan tersebut antaranya pidada, nipah, damar, cemara laut, meranti, pandan, cempaka,  mersawa, ramin, keruing ,  rotan, dan bunga raflesia.
Tumbuh-tumbuhan yang menjadi ciri khas taman nasional terindah ini adalah bunga bangkai jangkung, bunga bangkai raksasa dan anggrek raksasa dan tebu . Tinggi bunga bangkai jangkung bisa setinggi lebih dari 2 meter.
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terdiri dari habitat beruang madu, badak Sumatera, siamang, harimau Sumatera , gajah Sumatera, tapir , ungko , simpai , kancil  dan penyu sisik .
Danau Menjukut di taman nasional terindah  ini berdampingan langsung dengan laut lepas Samudera Hindia, yang menyerupai kolam renang yang sangat luas dan lokasinya tidak jauh dari garis pantai.


Bunga Bangkai di Taman Nasional Bukit Barisan

Beberapa objek Taman Nasional yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Tampang, Blubuk, Danau Menjukut, Way Sleman dan Blimbing, anda bisa menjelajahi hutan belantara, wisata bahari, berenang, bersampan, meneliti tumbuhan (raflesia, bunga bangkai), berkemah, dan menyelusuri sungai.
  2. Sukaraja Atas, anda bisa menjelajahi hutan, berkemah, pengamatan satwa atau tumbuhan (bunga bangkai jangkung).
  3. Suwoh, anda bisa bersampan, berkemah, berenang, sumber air panas dan menjelajahi hutan.
  4. Kubu Perahu, anda bisa menjelajahi hutan, berkemah, pengamatan satwa atau tumbuhan dan air terjun.

Kolam Luas Alami di Taman Bukit Barisan Selatan

Atraksi budaya di luar taman nasional Bukit Barisan Selatan: Pesta Festival Krakatau diselenggarakan bulan Juli di Bandar Lampung dan pesta Festival Danau Ranau pada bulan Desember di Oku, Sumatera Selatan.
Musim kunjungan terbaik di Taman Nasional: bulan Januari s/d Agustus setiap tahunnya.
Cara mencapai lokasi, Teluk Betung-Tanjung Karang-Kota Agung menggunakan mobil, Kota Agung-Tampang menggunakan kapal motor lebih kurang enam jam, Kota Agung-Banjarnegoro-Sukaraja Atas atau Suwoh menggunakan mobil lebih kurang  empat jam dan Kota Agung-Kubu Perahu menggunakan mobil lebih kurang  tujuh jam.


Sumber: http://indonesia-minutenews.com/taman-nasional-terindah-bukit-barisan-selatan/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar