Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pesona Pantai Klayar


Mungkin bila kita sudah bosan dengan keindahan pantai-pantai laut selatan yang sudah terkenal seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Pangandaran, kita bisa mengganti tujuan wisata pantai kita ke Kabupaten Pacitan. Disini ada beberapa pantai yang tak kalah indahnya, bahkan tak sedikit pula yang mengatakan bahwa pantai-pantai disini tak kalah hebatnya dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Sebut saja Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Teleng Ria, dan Pantai Watu Karung.

Saya sendiri sudah sempat melihat langsung salah satu dari pantai-pantai tersebut, yaitu Pantai Klayar. Ciri khas pantai di Kabupaten Pacitan adalah pasir putih dan lautan biru yang menawan. Hamparan pasir pantai pun terlihat lebih bersih dibandingkan beberapa pantai di daerah Jogja dan Bali, mengingat pantai-pantai disini masih terbilang baru dan belum cukup dikenal masyarakat banyak. Namun beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan adalah akses jalan yang saya rasa sempit, sinyal telepon seluler yang bahkan sama sekali tidak ada, dan juga fasilitas penunjang seperti toilet yang juga tidak ada ataupun hanya sedikit. Beruntung di Pantai Klayar masih bisa ditemui toilet umum walaupun hanya berjumlah dua saja.

Perjalanan menuju Pantai Klayar saya mulai dari Kota Solo melalui Kabupaten Sukoharjo dan selanjutnya Kabupaten Wonogiri. Kira-kira perjalanan kami saat itu menghabiskan waktu sekitar hampir empat jam perjalanan, termasuk saat itu kami sempat mampir di warung untuk makan siang. Setibanya di Pantai Klayar, saya dan kawan-kawan pun benar-benar terkesima dengan pantai yang satu ini. Beda dengan pantai-pantai laut selatan kebanyakan, hamparan biru laut dan pasir putih pantai ini akan mengingatkan kita dengan pantai-pantai di Pulau Bali.

Di pantai tersebut ada sebuah papan bertuliskan larangan untuk berenang di sekitar pantai. Mungkin karena sudah banyak korban hilang ataupun meninggal dunia di pantai ini, namun hal itu tidak mengganggu saya untuk menikmati pemandangan indah Pantai Klayar. Saat itu air laut sedang surut, jadi kami hanya berjalan-jalan disekeliling garis pantai sambil memandangi karang-karang laut yang muncul ke permukaan. Kami berjalan terus menyisir pantai tersebut dan menemukan sesuatu yang sangat berkesan. Di bagian kiri pantai ini terdapat ukiran batu karang menjulang yang banyak orang bilang bentuknya mirip dengan Patung Sphinx.

Dibawah batu karang tersebut terdapat pemandangan apik berupa ombak besar yang datang dari arah samudera masuk ke garis pantai dengan tinggi yang menjulang dan sangat cepat. Benar-benar atraksi yang menarik. Namun saya sarankan untuk tidak berenang di bagian ini karena ombak terlalu besar. Satu lagi yang tak kalah menarik adalah adanya goa di dalam karang yang dapat memancurkan air laut ke angkasa saat ombak menabrak karang. Sungguh kejadian alam yang akan jarang kita temui di pantai-pantai lainnya. Pantai Klayar ini memang benar-benar indah, tak berlebihan ketika saya mengatakan itu. Saya harap saya bisa kesana lagi, mungkin saat air laut pasang, pasti menarik. - SomethingHoliday.net

Beberapa gambar Pantai Klayar yang berhasil saya abadikan:





Sumber:http://www.somethingholiday.net/2012/03/pantai-klayar.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sekarang jalannya sudah di renovasi bro dan fasilitas umum telah di bangun utk memanjakan para wisatawan yg berkunjung.
saya harap anda tidak bosan main kesini/daerah saya PACTAN.

Posting Komentar